Oli Mobil Berwarna Hitam, Apakah Sudah Saatnya Ganti?

sewa mobil di malang batu

Anda pasti memiliki pemahaman yang sama dengan penulis, bila oli warnanya telah berubah menjadi hitam, itu berarti waktunya kita mengganti oli bukan? Namun ternyata hal ini bukan acuan yang tepat. Mengganti oli kendaraan kita adalah hal yang sangat penting terlebih bagi anda yang menggunakan mobil anda untuk sewa mobil di Malang Batu dimana kendaraan anda harus siap terus dalam kondisi prima demi memberikan pelayanan yang baik pada pelanggan.

Bagaimana cara mengganti oli yang benar? Sebenarnya hal itu cukup mudah. Setiap kendaraan selalu disertai dengan buku acuan dari diler yang bisa menginformasikan kepada pemilik mobil kapan waktunya oli mobil anda bisa diganti.

Anggapan orang pada umumnya bila oli hanya digunakan untuk melumasi saja adalah juga kurang tepat. Kegunaan yang lain dari oli adalah untuk menjaga agar silinder mesin bersih dari zat oksida, karbon dan bekas-bekas dari proses pembakaran dalam mesin. Dengan adanya proses pembakaran inilah warna oli menjadi kehitaman.

Menurut penuturan dari teknisi senior dari PT Pertamina Lubricant yaitu bapak Agung Prabowo, ternyata keharusan mengganti oli kendaraan setelah berubah warnanya menjadi hitam adalah sebuah mitos belaka. Beliaupun mengakui bila memang masyarakat mempunyai anggapan yang sama bila indikasi oli harus diganti itu dari warna.

Beliau mengatakan bila mitos tentang hal ini sepertinya tak disadari oleh banyak orang. Menurutnya berubahnya oli menjadi kehitaman adalah hal yang wajar dan memang semestinya bakal terjadi.

Beliau menerangkan lebih lanjut mengapa oli tersebut menjadi pekat. Berubahnya oli menjadi kehitaman merupakan bukti bila oli tersebut bekerja dengan baik dimana zat-zat mikro dari proses pembakaran diikat dan dikumpulkan oleh oli tersebut sehingga mereka tidak mengendap dan di dalam mesin. Untuk oli yang bahan dasarnya ada kandungan detergen, kejadian sepeerti ini sangat sering bisa ditemui.

Dalam akhir penuturannya beliau mengatakan bila para pemilik kendaraan bermotor agar tidak risau bila hal ini terjadi mengingat oli tersebut masih bisa berfungsi dengan baik. Berubahnya kondisi dari oli bukan menjadi acuaan bagi kita untuk melakukan penggantian oli. Apalagi memang oli tersebut fungsinya bukan untuk melumasi saja namun juga untuk menjaga isi mesin anda tetap bersih.