Dimana Ikan Pari Hidup dan Morfologi

dimana ikan pari hidup

Ikan pari adalah ikan laut datar yang ditemukan di perairan hangat di seluruh dunia. Ikan pari adalah milik kelompok ikan yang sama dengan jenis ikan lainnya dan juga diyakini terkait erat dengan hiu.

Ikan pari menghuni perairan tropis lebih hangat di seluruh dunia umumnya di perairan yang agak lebih dalam daripada dangkal. Ketika cuaca mulai dingin, ikan pari akan mundur lebih jauh ke kedalaman lautan.

Ikan Pari paling terkenal dengan penyengat (stinger) yang hadir di ujung ekor ikan pari. Ikan Pari menggunakan stinger pada ujung ekor panjangnya menembus dan menghentikannya mangsa sebelum dapat melarikan diri.

Stinger Ikan Pari tajam, berduri atau bergerigi dan melekat pada ekor tipis ikan pari. Ini berarti ikan pari dapat mencambuk stinger itu ke mana saja, sangat cepat karena ekor Ikan Pari yang panjang dan tipis sangat lincah dan sangat lentur.

Ukuran sengat benar-benar tergantung pada spesies ikan pari itu. Beberapa spesies ikan pari ada di laut dalam memiliki panjang hingga 14 kaki hingga ekor dan spesies ikan pari ini secara alami memiliki penyengat yang lebih besar. Jenis ikan pari yang lebih kecil cenderung memiliki stinger kecil, sehingga stinger ini relevan dengan ukuran tubuh ikan pari.

Ikan Pari adalah hewan karnivora, yang berarti bahwa ikan pari hanya memakan hewan lain dan tidak memakan tanaman. Ikan pari memangsa berbagai spesies di laut termasuk kepiting, moluska, kerang, tiram, siput dan beberapa spesies ikan.

Ikan pari memiliki beberapa predator alami di lingkungan alaminya terutama karena ukuran besar ikan pari. Ikan pari juga dapat menggunakan bentuk tubuh pipih mereka untuk keuntungan mereka dengan beristirahat di dasar laut dan karena itu mampu bersembunyi dari predator serta mengawasi mangsa potensial. Predator utama dari ikan pari adalah hiu, anjing laut, singa laut dan spesies besar ikan karnivora bersama dengan manusia.

Ikan pari berkembang biak selama musim dingin dan ikan pari betina melahirkan biasanya antara 5 hingga 15 bayi ikan pari. Bayi ikan pari berkembang di dalam induk ikan pari selama sekitar 9 bulan dan memakan sisa kuning telur di dalam kantong telur mereka. Ketika ini habis, bayi ikan pari memakan susu di uterus betina ikan pari. Ketika bayi ikan pari dilahirkan, mereka dapat berenang dan mulai berburu dengan ibu mereka.